Pada PERTEMUAN 7 MATA KULIAH PERMODELAN PERANGKAT LUNAK BAGIAN 7 membahas tentang ” Apa yang dimaksud dengan CASE(Computer Aided Software Engineering)? ” dan ” Apa tantangan kunci yang dihadapi Rekayasa Perangkat Lunak? ”
Apa yang dimaksud dengan CASE(Computer Aided Software Engineering)?
Yang dimaksud dengan CASE(Computer Aided Software Engineering) adalah serangkaian aplikasi dan metode untuk perangkat lunak yang otomatis dapat memberikan dukungan untuk kegiatan proses perangkat lunak. Ada dua jenis CASE yaitu upper-CASE yaitu alat untuk mendukung kegiatan proses awal persyaratan dan lower-CASE yaitu alat yang mendukung kegiatan yang selanjutnya seperti pemrograman, pengujian , debugging.10. Apakah atribut perangkat lunak yang baik?Atribut perangkat lunak yang baik diantaranya :
A. Maintainability yaitu perangkat lunak harus bisa di pelihara demi memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin lama menginginkan kemudahan.
B. Dependability, yaitu perangkat lunak harus dapat diandalkan dan dipercaya dan tidak mengecewakan penggunanya.
C. Acceptability, yaitu perangkat lunak yang sudah diproduksi harus diterima sepenuhnya oleh pengguna yang memesannya. Ini berarti perangkat harus dapat dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna.
D. Usability , perangkat lunak yang harus dapat digunakan sesuai dengan fungsi awal yang telah ditentukan oleh penggunanya
.E. Efisien, yaitu perangkat lunak haruslah efisien baik dalam penggungannya maupun sumber daya yang digunakan.
Apa tantangan kunci yang dihadapi Rekayasa Perangkat Lunak?
Tantangan kunci yang dihadapi rekayasa perangkat lunak diantaranya :
A. Tantangan pengiriman, yaitu tantangan untuk mempercepat waktu pengiriman perangkat lunak tanpa mengurangi kualitas sistemnya.
B. Tantangan pemeliharaan, yaitu tantangan dalam melakukan pemeliharaan dan peng-updatean perangkat lunak agar biaya yang digunakan dapat di minimalisir sesedikit mungkin.
C. Tantangan heterogenitas , yaitu tantangan dalam pengembangan untuk membangun perangkat lunak yang dapat diandalkan dan flexible untuk menghadapi heterogenitas yang ada.
D. Adanya killer application yang bisa lebih dikostumisasi, interaktif, dinamis, dan penuh gaya
E. User power an authority, dimana pengguna bisnis dan pengguna individu adalah pihak yang lebih kuat, berpengalaman dan selektif.
F. Adanya market share dimana pesaing menjadi lebih agresif, dan inovatif.
